Minggu, 11 Oktober 2015

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

  


Tips Menjaga Kesehatan Mata - Cobalah menanyakan kepada orang tua atau saudara Anda apakah mereka memiliki riwayat penyakit mata tertentu yang dapat menurun pada anaknya. Hal ini sangatlah penting untuk memastikan kondisi mata Anda sendiri. Jika memang iya, sebaiknya Anda mulai mencari informasi mengenai penyakit tersebut. Dengan mempelajari penyakit tersebut, Anda akan dapat mewaspadai jika Anda mengalami gejala yang tidak wajar. Jika hal tersebut terjadi, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar dapat segera ditangani.

Berikut ini beberapa tips menjaga kesehtan mata yang sangat mudah untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Jaga Jarak.
Biasanya, kita sering membaca buku dengan jarak yang tidak pernah kita perhatikan. Nah oleh karena itu, banyak sekali para pecinta buku yang memakai kacamata. Jarak yang paling ideal untuk menghindarkan mata dari resiko rabun dekat adalah 30 cm. Selain membaca buku, beraktivitas didepan komputer juga dapat menimbulkan kerusakan mata jika Anda tidak mengatur jaraknya. Jarak yang benar untuk beraktivitas didepan komputer adalah 50 cm.
  • Jangan Mengucek Mata.
Jika mata Anda terasa gatal, jangan dikucek karena tangan Anda belum tentu dalam keadaan yang steril. Untuk meredakan gatal tersebut, Anda dapat menggunakan obat tetes mata yang banyak dijual di apotik. Dengan begitu, mata Anda tidak akan terkena kuman atau mengalami iritasi karena terlalu banyak dikucek.
  • Mengkonsumsi Makanan Kaya Vitamin A.
Vitamin A adalah vitamin yang mampu membuat mata menjadi lebih sehat dan segar. karena itulah, mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin A sangatlah baik untuk menjaga kesehatan mata. Salah satu contoh buah yang mengandung banyak vitamin A adalah buah pisang. Sedangkan contoh sayur yang mengandung banyak vitamin A adalah wortel. Konsumsilah buah dan sayur tersebut dengan rutin agar mata Anda terhindar dari penyakit yang berasal dari dalam.
  • Mengkonsumsi Telur
Memang telur sangat kaya akan Protein dan Vitamin. Telur juga memeliki Vitamin A yang tentunya sangat baik sekali untuk mata. Selain itu, kandungan Lutein dan Zeaxanthin yang ada di putih telur diketahui bisa mencegah penyakit katarak.
  • Istirahatkan Mata Anda.
Berilah sedikit waktu untuk mata Anda dapat beristirahat setelah membaca buku atau melakukan aktivitas di depan komputer. Kalau bisa, beri jeda beberapa menit untuk tidak membaca buku agar mata dapat mengembalikan kesegarannya terlebih dahulu. Dengan begitu, mata Anda akan lebih sehat dan terhindar dari bahaya penyakit mata.
  • Lindungi Mata.
Selain itu, untuk menjaga kesehatan mata Anda juga dapat melakukannya dengan selalu melindungi mata saat beraktifitas diluar rumah. Ketika Anda berkendara dengan kendaraan terbuka, usahakan untuk memakai helm. Saat berenang, usahakan untuk memakai kacamata renang. Hal tersebut sangat penting untuk Anda lakukan agar mata dapat terhindar dari benda yang hendak memasukinya.

Dengan mengetahui Tips Menjaga Kesehatan Mata ini diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kesehatan matat tetap terjaga hingga di usia senja.
Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat!


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar